Sempat Memanas, Polisi Ambil Langkah Lakukan Mediasi di Titik Terpisah

By administrator 20 Jul 2017, 10:08:00 WIB Kegiatan Polres

Berita Terkait

Berita Populer

Sempat Memanas, Polisi Ambil Langkah Lakukan Mediasi di Titik Terpisah

Polresbungo.jambi.polri.go.id –Usai menyampaikan aspirasi di Kantor PT.Mega Sawindo Perkasa yang semakin memanas, akhirnya Pihak Kepolisian mempasilitasi mediasi bersama perwakilan massa di Amaris Hotel, pukul 14.00 WIB, Rabu (19/7/2017) terpisah dari titik aksi.

Hadir dalam mediasi ini, Wakil Bupati Bungo, H. Safrudin Dwi Apriyanto, Kapolres Bungo AKBP. Budiman Bostang Panjaitan, SH, S.IK, MH, Dandim 0418/Bute Letkol Inf Edi Budiman, Sekda H.Ridwan Is, Assiten 1, perwakilan dari Dinas Narkertrans dan perwakilan Dinas Perkebunan, serta Pihak PT. Mega Sawindo.

Adapun tuntutan dari massa terhadap pihak PT. Mega Sawindo Perkasa dalam mediasi yang dilakukan

1. PT.Mega sawindo  dlm penerimaan seluruh karyawan tidak dipungut biaya sama sekali kepada calon karyawan sepanjang memenuhi persyaratan.          

2. Permintaan Pemuda tentang MOU perusahaan dg dusun danau atau padang palangeh berkaitan penerimaan karyawan setempat memang tdk pernah ada kecuali Himbauan dari bapak bupati Lama Bapak Zulfikar Ahmad bahwa diusahakan penerimaan karyawan lokal kabupaten bungo 70 persen berbanding dg 30 persen dari luar kab. Bungo, bahwa himbauan Bupati lama H. Zulfikar Ahmad tersebut sudah diterapkan di Pt Megasawindo perkasa(Himabuan juga untuk masyarakat kabupaten Bungo bukan menunjuk desa perdesa)  

3. Program Csr atau pemberdayaan masyarakat perusahaan secara rutin diberikan setiap tahun kedusun dusun sekitar perusahaan secara bergantian setiap tahun, contoh Csr utk dusun danau dan padang palangeh adalah bantuan untuk Musshola madrasah dusun danau dan pemberian tenis meja serta pembangunan jalan produksi masyarakat didusun padang palangeh.

4. Lahan pembangunan kebun plasma yg diserahkan oleh masyarakat untuk dibangunkan oleh perusahaan Pt Msp,  setelah dibangunkan maka diserahkan kembali kepda pemilik yg menyerahkan lahan tersrbut lalu dikelolah oleh KUD Muara kuamang.                   

5. Berkaitan dengan wilayah atau Tapal Batas Kantor Pt. Megasawindo perkasa bahwa perusahaan tidak berwenang menentukannya itu semua diserahkan kepada pemerintah Kab. Bungo dlm hal ini Bupati. Perusahaan hanya mengikutinya, berkaitan dengan HGU( Hak guna usaha) kewenangannya adalah BPN kab. Bungo.

Dari hasil mediasi didapat hasil dengan sebagian dari tuntutan warga siap diakomodir oleh pihak perusahaan, namun ada beberapa poin tuntutan menunggu dari keputusan pimpinan perusahaan dalam waktu dekat.

Pada akhir kegiatan Kapolres Bungo AKBP Budiman Bostang Panjaitan, SH, S.IK, MH memberikan arahan kepada warga agar selesai dari kegiatan ini masyarakat kedua dusun bisa kembali bergandengan tangan untuk berdamai dan berjalan beriringan dengan baik.

Kegiatan ditutup dengan makan bersama dan selesai pukul 16.32 WIB yang berjalan dengan kondusif.

 

Penulis : Satria
Editor : Agustar




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


SOSIAL MEDIA

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Populer

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video