Rapat Teknis dan Penandatanganan Nota Dinas Kesepakatan Masyarakat Pencari Damar dengan PT KIM

By administrator 11 Okt 2017, 00:46:02 WIB Kegiatan Polres

Berita Terkait

Berita Populer

Rapat Teknis dan Penandatanganan Nota Dinas Kesepakatan Masyarakat Pencari Damar dengan PT KIM

Polresbungo.jambi.polri.go.id - Pada hari ini Selasa tanggal 10 Oktober 2017 pkl 11.00 Wib telah dilaksanakan Rapat Koordinasi menindak lanjuti Rapat Teknis di Ruang Rapat Asisten  pada hari senin tglanggal 25 september 2017 dan Penandatanganan Nota Kesepakatan antara Masyarakat Pencari Damar dan PT. KIM (Kuansing Inti Makmur) bertempat di Kantor Kecamatan Jujuhan.

Rapat tersebut dihadiri Kapolres Bungo AKBP Budiman Bostang Panjaitan. SH. SIK. MH yang di wakili oleh Kasat Intelkam Iptu Sukman, SH, Kapolsek Jujuhan Iptu David R. Y SIK, Bhabinkamtibmas Brigol Fitra Kurniadi, Pasi Intel Kodim Kapten A.H Dalimonthe, Kmamdan Pos Jujuhan Pelda Rency, Bhabinsa Jujuhan Srrda Saiful reza,, Asisten1 Usman Hasibua, Asisten 2 Khairul Shaleh, Camat Jujuhan Syafri, Rio Balai Panjang, RIO Tanjung Belit serta dihadiri 20 orang Masyarakat Desa.

Adapun hasil kesepakatan antara masyarakat pencari damar dan PT. KIM, Bahwa para pencari damar sepakat untuk tidak memasuki areal tambang PT KIM karena mamasuki areal tambang bertentangan dengan undang - undang No 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batu bara sebagai bunyi 162 "setiap orang yang merintangi atau menggangu kegiatan tambang dari pemegang IUP dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) tahun dan denda paling banyak seratus juta rupiah" dan bertentangan dengan keputusan mentri ESDM No 555.k/26/M.PE/1995 tentang keselamatan dan kesehatan kerja (k3), sebagai mana pasal 3 yang berbunyi "dilarang memasuki atau berada pada suatu kegiatan usaha pertembangan terkecuali yang mereka bekerja atau mendapat izin dari KTT atau bertugas yang ditunjuk".,jelas Kapolsek Jujuhan.

Perusahaan menyangupi membuang OB SIM I -III dilokasi OPD (diluar lokasi tambang)sebagai tempat orang pencari damar dan Tidak ada kewajiban perusahaan untuk memenuhi jumlah penghasilan tertentu pencari damar di lokasi OPD.

Untuk menjaga kepastian bahwa perusahaan membuang OB ketempat yang ditentukan, pihak kepolisian dan pihak TNI dan perwakilan Pemda serta perwakilan pencari damar untuk mengawasi dan menunjuk personilnya masing masing dengan jumlah sesuai dengan yang telah ditentukan.

Agar camat dan forkopimcam kecamatan jujuhan bersama rio rantau ikil, pulau jelmu, balai panjang, talang silungko di sosialisasikan hasil kesepakatan ini kepada masyarakat.

Selain itu untuk kelancaran pencari damar agar masing masing dusun membentuk pengurus pencari damar minimal menunjuk koordinator pencari damar dengan tugas mencatat anggota pencari damar masing - masing dusun dan mengkoordinir pencari damar dilapangan.

"Masing - masing pihak agar tetap terjaga dan memelihara ketertiban dan kemanan",pesan Iptu David.(SAd) 

.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


SOSIAL MEDIA

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Populer

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video